Syeikh Ahmad Arifin berpendapat bahwa setiap yang ada pasti dapat dikenal dan
hanya yang tidak ada yang tidak dapat dikenal. Karena Allah adalah zat yang wajib
al-wujud yaitu zat yang wajib adanya, tentulah Allah dapat dikenal, dan kewajiban
pertama bagi setiap muslim adalah terlebih dahulu mengenal kepada yang
disembahnya, barulah ia berbuat ibadah sebagimana sabda Nabi :
Artinya: “Pertama sekali di dalam agama ialah Mengenal Allah
Kenallah dirimu, sebagaimana Sabda Nabi SAW
Artinya: “Barangsiapa yang mengenal dirinya, maka ia akan mengenal Tuhannya,
dan barangsiapa yang mengenal Tuhannya maka binasalah (fana) dirinya.
Lalu diri mana yang wajib kita kenal? Sungguhnya diri kita terbagi dua sebagaimana Firman Allah dalam surat Luqman ayat 20 :
Artinya : Dan Allah telah menyempurnakan bagimu nikmat zahir dan nikmat batin.
Jadi berdasarkan ayat di atas, diri kita sesungguhnya terbagi dua:
1. Diri Zahir yaitu diri yang dapat dilihat oleh mata dan dapat diraba oleh tangan.
2. Diri batin yaitu yang tidak dapat dipandang oleh mata dan tidak dapat diraba oleh
tangan, tetapi dapat dirasakan oleh mata hati. Adapun dalil mengenai terbaginya Diri manusia
Karena sedemikian pentingnya peran diri yang batin ini di dalam upaya untuk
memperoleh pengenalan kepada Allah, itulah sebabnya kenapa kita disuruh melihat
ke dalam diri (introspeksi diri) sebagimana firman Allah dalam surat az-Zariat ayat
21:
Artinya : Dan di dalam diri kamu apakah kamu tidak memperhatikannya.
Allah memerintahkan kepada manusia untuk memperhatikan ke dalam dirinya
disebabkan karena di dalam diri manusia itu Allah telah menciptakan sebuah
mahligai yang mana di dalamnya Allah telah menanamkan rahasia-Nya
sebagaimana sabda Nabi di dalam Hadis Qudsi :
Artinya: “Aku jadikan dalam rongga anak Adam itu mahligai dan dalam mahligai itu
ada dada dan dalam dada itu ada hati (qalbu) namanya dan dalam hati (qalbu) ada
mata hati (fuad) dan dalam mata hati (fuad) itu ada penutup mata hati (saghaf)
dan dibalik penutup mata hati (saghaf) itu ada nur/cahaya (labban), dan di dalam
nur/cahaya (labban) ada rahasia (sirr) dan di dalam rahasia (sirr) itulah Aku kata
Allah”. (Hadis Qudsi)
Bagaimanakah maksud hadis ini? Tanyalah kepada ahlinya, yaitu ahli zikir,
sebagaimana firman Allah dalam surat an-Nahal ayat 43 :
Artinya: “Tanyalah kepada ahli zikrullah (Ahlus Shufi) kalau kamu benar-benar tidak
tahu.”
Karena Allah itu ghaib, maka perkara ini termasuk perkara yang dilarang untuk
menyampaikannya dan haram pula dipaparkan kepada yang bukan ahlinya (orang
awam), seabagimana dikatakan para sufi:
Artinya: “Bagi Allah itu ada beberapa rahasia yang diharamkan membukakannya
kepada yang bukan ahlinyah”.
Nabi juga ada bersabda :
Artinya: “Telah memberikan kepadaku oleh Rasulullah SAW dua cangkir yang
berisikan ilmu pengetahuan, satu daripadanya akan saya tebarkan kepada kamu.
Akan tetapi yang lainnya bila saya tebarkan akan terputuslah sekalian ilmu
pengetahuan dengan memberikan isyarat kepada lehernya.
Artinya : “Kerusakan dari ilmu pengetahuan ialah dengan lupa, dan menyebabkan
hilangnya ialah bila anda ajarkan kepada yang bukan ahlinya.”
Adapun tentang Ilmu Fiqih atau Syariat Nabi bersabda:
Artinya: “Sampaikanlah oleh kamu walau satu ayat saja”.
Adapun Ilmu Fiqih tidak boleh disembunyikan, sebagaimana sabda Nabi SAW:
Artinya: “Barangsiapa yang telah menyembunyikan suatu ilmu pengetahuan (ilmu
syariat) akan dikekang oleh Allah ia kelak dengan api neraka”.
Adapun ilmu hakikat atau ilmu batin memang tidak boleh disiar-siarkan kecuali
kepada orang yang menginginkannya. Memberikan dan mengajarkan ilmu hakikat
kepada yang bukan ahlinya ditakuti jadi fitnah disebabkan pemikiran otak
sebahagian manusia ini tidak sampai mendalami ke lubuk dasarnya yaitu ilmu Allah
Ta‟ala. Ibarat kayu di hutan tidak sama tingginya, air di laut tidak sama dalamnya,
dan tanah di bumi tidak sama ratanya, demikian halnya dengan manusia. Maka ahli
Zikir (ahlus Shufi) inilah yang mendekati maqam wali-wali Allah yang berada di
bawah martabat para nabi dan rasul. Inilah makna tujuan Allah memerintahkan
supaya bertanya kepada ahli Zikir, karena ahli Zikir adalah orang -orang yang
senantiasa hati dan pikirannya selalu ingat kepada Allah serta senantiasa mendapat
bimbingan ilham dari Allah SWT.
Oleh karena itu, agar kita dapat mengenal Allah, maka kita harus mempunyai
pembimbing rohani atau mursyid. Tentang hal ini Abu Ali ats-Tsaqafi bertaka,
“seandainya seseorang mempelajari semua jenis ilmu dan berguru kepada banyak
ulama, maka dia tidak sampai ke tingkat para sufi kecuali dengan melakukan
latihan-latihan spiritual bersama seorang syeikh yang memiliki akhlak luhur dan
dapat memberinya nasehat-nasehat. Dan barang siapa yang tidak mengambil
akhlaknya dari seorang syeikh yang melarangnya, serta memperlihatkan cacat-cacat
dalam amalnya dan penyakit-penyakit dalam jiwanya, maka dia tidak boleh diikuti
dalam memperbaiki muamalah”.
Namun tidaklah Ilmu pengenalah kepada Allah ini diperoleh dengan mudah begitu
saja seperti mempelajari ilmu syari‟at, karena ada satu syarat yang paling utama
yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu mengambil ilmu ini dengan dibai‟at oleh
seorang mursyid yang kamil mukamil yang masuk dalam rantai silsilah para syeikh
tarekat sufi yang bersambung-sambung sampai kepada Rasulullah SAW. Oleh karena
itu jalan satu-satunya bagi kita untuk dapat mengenal Allah adalah dengan
mempelajari ilmu tarekat di bawah bimbingan seorang mursyid.
Tanya : Mengapa hati memegang peran penting di dalam mengenal Allah?
Jawab : Bila kita sebut nama hati, maka hati yang dimaksud di sini bukanlah hati
yang merah tua seperti hati ayam yang ada di sebelah kiri yang dekat jantung kita
itu. Tetapi hati ini adalah alam ghaib yang tak dapat dilihat oleh mata dan alat
panca indra karena ia termasuk alam ghaib (bersifat rohani). Tiap-tiap diri manusia
memiliki hati sanubari, baik manusia awam maupun manusia wali, begituja para
nabi dan rasul. Pada hati sanubari ini terdapat sifat-sifat jahat (penyakit hati),
seperti : hasad, dengki, loba, tamak, rakus, pemarah, bengis, takbur, ria, ujub,
sombong, dan lain-lain. Tetapi bilamana ia bersungguh-sungguh di dalam tarekatnya
di bawah bimbingan mursyidnya, maka lambat laun hati yang kotor dan berpenyakit
tadi akan bertukar bentuknya dari rupa yang hitam gelap pekat menjadi bersih putih
dengan mengikuti kegiatan suluk atau khalwat secara kontinyu. Manakala hati yang
hitam tadi telah berubah menjadi putih bersih, barulah ia memberikan sinar. Hati
yang putih bersih bersinar itulah yang dinamakan hati Rohani (Qalbu) atau disebut
juga dengan diri yang batin.
Seumpama kita bercermin di depan kaca, maka kita tidak akan dapat melihat apa
yang ada dibalik cermin selain muka kita, karena terhalang oleh cat merah yang
melekat disebaliknya. Tetapi bila cat merah itu kita kikis habis, maka akan
tampaklah di sebaliknya bermacam-macam dan berlapis-lapis cermin hingga sampai
menembus ke alam Nur, alam Jabarut, alam Lahut, hingga alam Hadrat Hak Allah
Ta‟ala.
Itulah sebabnya bila kita hanya baru sebatas mengenal hati sanubari saja, maka
yang kita lihat hanya diri kita saja, sebab ditahan oleh cat merah tadi, yaitu sifat -sifat jahat seperti: takabbur, ria, ujub, dengki, hasad, pemarah, loba, tamak, rakus,
cinta dunia, dan berbagai penyakit hati lainnya. Tetapi bila mana cat merah itu telah
terkikis habis, barulah ia akan menyaksikan alam yang lebih tinggi dan
mengetahuilah ia segala rahasia termasuk dirinya dan hakikatnya dan juga alam
seluruhnya dan akhirnya mengenallah ia akan Tuhannya. Itulah sebabnya para wali-wali Allah itu lahir dari para sufi yaitu orang-orang yang telah berhasil membersihkan
hatinya dengan bantuan mursyidnya pada zahir sedang pada hakikatnya dengan
qudrat dan iradat Allah Ta‟ala. Di sinilah terletak wajibnya mengenal diri untuk jalan Mengenal Allah.