Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan


Daun Sirih http://perjalanan-jiwa-ku.blogspot.com/

Sahabat Cerita Kehidupan Yang Baik Hatinya.....!!

Kali ini saya ingin mengajak anda untuk membuka kembali tentang khasanah Kekayaan alam Nusantara kita terutama dalam hal Tumbuhan obat sebagai Obat tradisional yang salah satunya adalah DAUN SIRIH
Jauh sebelum Masyarakat kita mengenal obat medis Nenek moyang kita sudah mengenal yang namanya Obat herbal dengna memanfaatkan Jenis-Jenis tanaman tertentu yang banyak tumbuh di Nusantara ini diantaranya adalah Daun sirih tersebut.

Mengenal Daun Sirih

Daun sirih adalah Tanaman asli indonesia yang tumbuh merambat pada tanaman lain atau bisa dikatakan pula tanaman ini hidupnya bersandar pada batang tanaman lainya,Tanaman sirih bisa dibilang setengah Parasit terhadap tanaman lainya karena dalam perambatanya itu dia juga menancapkan akarnya pada tumbuhan lainya sebagai tanaman induk,Tanaman sirih bisa mencapai tinggi sekitar 15 meter dalam masa hidupnya,dia lebih menyukai kondisi lembab yang banyak Mengandung air namun tidak terlalu basah.
Ada Dua jenis tanaman sirih yaitu Sirih merah dan Sirih hijau yang masing-masing memiliki tingkat khasiat obat yang berbeda,masyarakat meyakini sirih merah lebih banyak memiliki kemampuan untuk penyembuhan dibandingkan sirih hijau,namun begitu keduanya sama-sama memiliki khasiat obat yang luar biasa.

Ciri-Ciri tanaman sirih,Batang,Daun,Bunga/Buah

Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm. 
 Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 - 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 - 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.


Sirih Hijau

Gambar daun sirih hijau http://perjalanan-jiwa-ku.blogspot.com/


Sirih Merah

Gambar daun sirih merah http://perjalanan-jiwa-ku.blogspot.com/

Khasiat Dan Kandungan Daun Sirih

Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. 

Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap

Cara-cara Pemakaian Daun Sirih Untuk Obat 

Ada dua cara pemakaian daun sirih untuk obat yaitu Pengobatan luar dan Pengobatan dalam

Untuk obat Dalam
  1. Batuk
  2. Sariawan
  3. Bronchitis
  4. Jerawat
  5. Keputihan
  6. Sakit gigi karena berlubang
  7. Demam berdarah
  8. Bau mulut
  9. Haid tidak teratur
  10. Asma
  11. Radang tenggorokan (daun dan minyaknya)
  12. Gusi bengkak (getahnya)
  13. Membersihkan Mata
  14. Bau ketiak

 Untuk Obat Luar 
  1. Koreng (pyodermi)
  2. Kurap kaki
  3. Bisul
  4. Mimisan
  5. Luka bakar
  6. Perdarahan gusi
  7. Mengurangi produksi ASI yang berlebihan
  8. Eksim
  9. Sakit mata
  10. Menghilangkan gatal

 Selain dapat digunakan sebagai tanaman obat sirih juga sekarang ini banyak digunakan sebagai Tanaman hias karena memang daun sirih ini memiliki Nilai Estetika sehingga cocok untuk digunakan sebagai hiasan,maka tidak heran bila sekarang banyak Nursery atau Penjual bunga yang menyediakan berbagai tingkat bibit tanaman ini dan harganya juga tergolong murah yaitu sekitar Rp.30.000 untuk satu pot tanaman sirih merah dengan tinggi mencapai 15-30 cm.


Nah Sahabat Cerita Kehidupan Demikianlah sekilas dari Manfaat Tanaman sirih untuk Kesehatan semoga bisa menambah wawasan kita bersama,info,saran dan kritik silahkan di form komen ya...Tks

Sampai keemu di Artikel berikutnya

Salam